Seorang Aktris Legendaris Hollywood Shirley Temple Meninggal Dunia


kata kunci/keyword gambar

INDUSTRI perfilman telah kehilangan salah satu sosok aktris ternama yakni Shirley Temple.

Wanita kelahiran 23 April 1928 ini meninggal dunia pada usia 85 tahun akibat kondisi yang memang telah lanjut usia, di kediamannya yang terletak di kawasan Woodside, California, Senin (10/2) waktu setempat.

Temple dikenal sebagai salah satu artis cilik terbaik pada era 1930-an dengan ciri khas rambut keriting, wajah bulat serta kehandalan aktingnya di usia yang sangat muda.

Seperti dilaporkan E!online, Temple dikelilingi keluarga dan penjaganya saat kematian. "Kami menghormati beliau atas kehidupannya yang memperoleh pencapaian luar biasa sebagai seorang pemain film, diplomat dan terpenting, sebagai ibu, nenek, buyut serta istri tercinta selama 45 tahun," demikian disampaikan pihak perwakilannya. "Kami mohon agar keluarga kami diberi kesempatan untuk berduka atas kehilangan ini secara personal."

Temple mulai berkiprah dalam industri film sejak usia 3 tahun dan dikenal melalui berbagai film seperti Bright Eyes, Curly Top, dan Heidi.

Salah satu lagu khas yang mungkin masih melekat di benak beberapa penggemarnya yakni "On the Good Ship Lollipop".

Banyak penghargaan telah diraih Temple semasa hidupnya. Beberapa diantaranya Juvenile Academy Award, Life Achievement Award serta Screen Actors Guild Life Achievement Award.

Pada tahun 1935, Temple juga berhasil memenangkan Academy Award untuk "outstanding contribution to screen entertainment". Ia bahkan memperoleh julukan khusus dari prsedin Amerika Serikat saat itu, Franklin D. Roosevelt yakni "Little Miss Miracle" karena telah meningkatkan moral bangsa ketika berada di tengah era depresi.

Nama Temple juga terukir manis di Hollywood Walk of Fame sejak 8 Februrari 1960.

Wanita yang pensiun di industri perfilman ketika menginjak usia 21 tahun menikah dengan John Agar pada tahun 1945 dan menghasilkan satu orang anak bernama Linda Susan Agar. Namun keduanya bercerai pada tahun 1950. Pada tahun yang sama, ia menikah dengan Charles Alden Black dengan dua orang anak yakni Charles Alden Black Jr dan Lori Alden Black.

Selain sukses di bidang akting, Temple juga mencetak prestasi di bidang politik. Ia pernah menjabat duta besar Amerika Serikat ke-27 untuk Cekoslovakia dan duta besar Amerika Serikat ke-9 untuk Ghana.

Kini, Shirley Temple telah tiada, namun bakat, karya dan prestasinya akan selalu memiliki tempat di hati banyak orang.

Sumber : e!online
SHARE

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment